SEPENGGAL KISAH POSTULAT 2018


Okay, sudah lama mimin tidak berkunjung ke rumah ini...

ASSALAMU'ALAIKUM SEMUAAAA!

Kali ini, mimin akan sangat bangga mengisahkan sebuah cerita. Ini mengenai Postulat. Kisah lumpur pekat yang menjadi jernih, kisah rumput yang tetap subur biar pun berkali-kali diinjak. Kisah hujan yang mengguyur namun menyuburkan. Tidak apa lah sesekali tersambar petir, semoga mengalirkan energi yang baru, kekuatan, kemurnian hati, kebaikan, kehormataan, dan sportifitas yang hakiki.

Ini sungguh indah. Mimin bahagia sekali dapat menceritakan ini. Mimin mewakili segenap panitia postulat ingin menyampaikan bahwasanya “kami bangga memiliki saudara-saudara yang berhati mulia dan bijaksana”. Sungguh luar biasa. Khususnya kepada tim sepak bola dari leting Bandit (nama letingnya segan mimin wkwkwk).

Kejantanan sejati, kemarwahan, didapatkan dari bukti-bukti. Pembuktian kebenaran dari ucapan. Melakukan seperti yang dikatakan. Sungguh Allah akan memurkai yang tidak tepat seperti sasaran yang sudah dikatakan. “kaburat maqtan ‘indallahi antaquulu maa la taf’aluun”. Dan, apresiasi yang sungguh luar biasa kepada abang-abang leting Bandit. Mereka menjunjung tinggi sportifitas sesuai dengan tema Postulat tahun ini. Yaitu “Sportif dan KCK, (kuat Cerdas, Kreatif)......inti temanya begitu dengs.”

Dalam pelaksanaan turnamen sepak bola POSTULAT (Pertandingan Olahraga dan Silaturahmi Aneuk Matematika) , kita sudah melakukan yang namanya “Technical meeting (TM)”, di TM itu kita membahas mengenai peraturan pertandingan dan segala prosedural yang disepakati secara bersama. Ada 8 tim yang bertanding, dari mulai adik-adik termuda yaitu Gamma 5, kemudian Gamma 4, Gamma 3, Gamma 2, Gamma 1, Sigma, Bandit, sampai dengan “Allstar” yang cetar membahana.

Salah satu peraturan di TM yang sudah disepakati bersama adalah, apabila dalam jadwal pertandingan ada tim yang tidak dapat bertanding, maka jadwal tidak dapat digeser dan tim yang tidak dapat bertanding tersebut boleh jadi ketinggalan poin. Ini dilakukan demi kebaikan dan efektifitas pelaksanaan postulat. Baik efektifitas waktu, maupun efektifitas biaya yang panitia keluarkan. Jadwal pertandingan dilakukan dengan undian, dan lagi lagi, itu juga sudah disetujui bersama. Hari pertandingan pun dimulai, semua tim sangat antusias, pertandingan pertama dilaksanakan pada sabtu, 8 desember 2018.

Qadarullah, tidak ada yang dapat mengelak. Kita merencanakan sih boleh-boleh saja. Berhari-hari turnamen berjalan lancar, 15 ronde sudah berlangsung, hingga pada selasa 18 desember 2018, ada satu tim yang mengalami gangguan mengenai prosedural schedule pertandingan. Anggota tim Bandit kebanyakan tidak dapat bertanding dihari itu, ada banyak yang melakukan tes ujian.

Wahh... grup panitia menjadi kelagapan, kami bingung memutuskan, “apakah ada toleran dan perubahan jadwal khusus untuk tim ini?”

Panitia menjadi kebingungan, serba takut salah dalam mengambil keputusan, di TM apabila kasus seperti ini terjadi, otomatis ya mereka tetap dinyatakan kalah apabila tidak bertanding ataupun menunggu mengulur waktu sampai 30 menit, Bandit akan ketinggalan poin. Jadwal pertandingan tidak dapat dirubah. Kalau pun panitia mengatur ulang dan mengubah jadwal pertandingan, beberapa berpendapat akan ada ketidakadilan, ditakutkan silaturahmi menjadi pecah. Namun, apabila ada toleransi dari tim lawan, apapun bisa terjadi. Lawan dari tim Bandit pada hari itu adalah Sigma. Diskusi yang keren sekali pun terjadi. Keputusan terakhir berada pada Sigma, dan mereka memutuskan untuk tetap melanjutkan turnamen POSTULAT sesuai dengan prosedur jadwal yang sudah diatur dan disepakati bersama. Panitia pun setuju, seluruh peserta diskusi juga sudah mengeluarkan suara. Hasil musyawarah didapatkan.


Hey? Apa yang terjadi?
Darah muda adalah darah yang masih panas-panasnya, tapi lihatlah? Darah mahasiwa pendidikan matematika, darah abang-abang tim Bandit dengan legowo menerima keputusan ini. Luar biasa sekali. Inilah semangat sportifitas yang menjadi panutan kami.

Panitia juga memohon maaf kepada semua, sama-sama saling mengerti, panitia yang sukarela dan sudah lelah dalam mengatur jadwal. Panitia juga memohon maaf apabila memberatkan abang-abang Bandit. Yang terpenting silaturahmi, kekompakan, dan sportifitas tetap terjaga. Kami sangat menghargai keputusan dan kebijaksanaan dari abang-abang sekalian. (salut bangga dari panitia atas kelapangan dada abang-abang Bandit sekalian). Apresiasi yang luar biasa kepada tim sepak bolat Bandit karena keputusannya dalam mengikuti prosedur jadwal. Berani kalah karena menjunjung sportifitas itu jantan. Ini adalah contoh terbaik dalam pertandingan tahun ini.

Kadang, kebaikan didapatkan dari kerendahan diri. Berani mengakui. Kemudian meroket kembali. Hal ini juga yang menjadi pelajaran bagi segenap panitia postulat di turnamen tahun 2018. Sungguh, apapun bisa terjadi, kesalahan-kesalahan yang tidak dapat panitia prediksi. Termasuk budi perkerti dari panitia sendiri, adab kami.

Di hari pembukaan postulat, panitia mengalami strugling internal. Kesalahan dalam bidang protokoler, bidang penyambutan dalam memandu setiap undangan yang datang. Kami khilaf, kami benar-benar merasa bersalah. Dari pengalaman itu, panitia memohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak.

Semoga keberkahan ilmu, selalu tercurahkan. Aaminn. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita sekalian. Salam bangga kami, dari mimin mewakili segenap anggota pelaksanaan Postulat dan jajaran yang mendukung turnamen ini sampai lancar nantinya. Siapapun pemenang postulat tahun ini, semoga menjadi kebaikan bagi semuanya. Bangga menjadi Aneuk Matematika UIN Ar-Raniry. Silaturahmi tetap terjaga. Aamiin.

Tak salah jika kita belajar dari hujan, terjatuh untuk menghidupkan dan meyuburkan. mengalir belajar, mendapatkan beberapa hal. Berguna bagi kehidupan.

Note: *Mencuci mengucek-ngucek rompi yang terkena becek dan keringat, bolak-balik kehabisan uang minyak sepeda motor mengambil air galon, mendesain, merelakan waktu luang, dan pengorbanan lainnya. Kita semua luar biasa. Wkwkwk*

Kedepan, mimin akan berusaha mengurai cerita mengenai pelaksanaan HUT PMA yang ke-30! Semoga ada bahan pelajaran untuk kebaikan kita semua. Ammiin. Chayooooo Semua.. YUHUUUU
Stay tuned ya!

Kepanitiaan Postulat:
Ketua Panitia  : Fajar Ramadhan
Sekretaris        : Nafais Ulfa
Bendahara       : Liana Fitri
Acara   : Ulvi Lidia, Fadhilah Ata
Pubdok            : Ferdian,
Kesehatan       : Yudhi Firmansyah
Temper            : Amsal, Liwaul Hamdi

Comments

Popular posts from this blog

Saweu Sikula

POSTULAT

kuliah umum bersama Prof. Dr. Wasino, M. Hum