25 November...???


Kami keluarga besar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengucapkan :

"SELAMAT HARI ULANG TAHUN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA ke-74"

 
Tiada kata yang cukup hebat tuk bisa melukiskan jasa dan baktimu selama Engkau mengajar dan mendidik anak bangsa. Sungguh luar biasa dan diluar akal orang awam, ketika engkau masih bisa bersabar dan tetap mengayomi anak didikmu dengan baik, penuh rasa kasih sayang dan keikhlasan disaat banyaknya ujian dan cobaan yang sedang menghampirimu dalam kehidupan keseharianmu. Engkau sangat bijak, membedakan mana yang seharusnya urusan pribadi/rumah tangga dengan tugasmu sebagai pelita bangsa.
Setiap tahun, banyak siswa/i yang masuk dan lulus dari sekolah, berbagai sifat nakal, kepribadian, kejahilan, dan banyak sekali tantangan dan rintangan yang engkau hadapi. Semua itu engkau jalani dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Sejujurnya Engkau lelah, letih, bahkan disaat engkau sakit, engkau masih berdiri dihapan anak didikmu untuk mengajar dan mendidik mereka demi masa depan dan keberhasilan diri mereka sendiri dan untuk bangsa.
Engkau dibayar negara dengan gaji yang mencukupi padahal engkau memiliki jasa yang sangat besar dibanding dengan yang lainnya. Memang cukup memprihatinkan bila banyak artis-artis negeri kita dibayar mahal untuk merusak moral anak bangsanya sendiri sedangkan mereka yang berjasa besar dan sangat berpengaruh untuk kemajuan bangsa dibayar tak seberapa dibanding dengan gaji yang diterima oleh mereka.
Semoga seluruh jasa yang engkau lakukan akan dibalas oleh Allah dengan keberkahan dan kebaikan di dunia dan akhirat.



 Kami juga mengucapkan : 

"selamat hari anti kekerasan terhadap perempuan internasional"

Taukah para readers, sejarah Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan Internasional???
.
.
.
Jika tidak, yuk simak wacana berikut ini :

Sebenarnya, hari anti kekerasan terhadap perempuan internasional ini merupakan kampanye internasional yang berlangsung selama 16 hari atau biasanya disebut dengan 16 Days of Activism Against Gender Violence untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Sebagai institusi nasional hak asasi manusia di Indonesia, komnas Perempuan menjadi inisiator kegiatan ini di Indonesia. Aktivitas ini pertama kali digagas oleh Women’s Global Leadership dan setiap tahunnya kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 November samapai tanggal 10 Desember yang merupakan hari HAM Internasional. Penyebab rentang waktu tersebut dipilih adalah dalam rangka menghubungkan secara simbolik antara kekerasan terhadap perempuan dan HAM, serta menekankan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM.
Kampanye tersebut dilakukan selama 16 hari dikarenakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan membutuhkan kerja bersama dan sinergi dari berbagai komponen masyarakat untuk bergerak secara serentak, baik aktivis HAM perempuan, pemerintah maupun masyarakat secara umum. Dalam rentang 16 hari para aktivis HAM perempuan mempunyai waktu yang cukup untuk membangun strategi pengorganisasian agenda bersama untuk: menggalang gerakan solidaritas berdasarkan kesadaran bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan pelanggaran HAM, mendorong kegiatan bersama untuk menjamin perlindungan yang lebih baik lagi bagi para survivor (korban yang sudah mampu melampaui pengalaman kekerasan), dan mengajak semua orang untuk turut terlibat aktif sesuai dengan kapasitasnya dalam upaya penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan.
Ehem, mimin mau bertanya dulu sebelum melanjutkan pengetikan isi blog ini, tapi para readers cukup menjawab dan memikirkannya dalam hati (*jika kalian sedang sendiri ketika membaca isi blog ini. Hihihhhhihi...tau kan maksudnya apa? -,-`)
Yup pertanyaannya adalah :
-          Apakah para readers mengetahui Peristiwa apa saja yang terjadi dalam rentang waktu mulai dari tanggal 25 November ini sampai dengan tanggal 10 November??? (hayooo.... tau ngaaak???? Mimin rasa para readers tidak mengetahuinya)
.
..
...
.... yup jika tidak tahu, maka simak wacana yang akan mimin suguhkan dalam isi blog berikut ini...

  • 25 November : Hari Internasional untuk penghapusan kekerasan terhadap Perempuan, tanggal ini dipilih sebagai penghormatan atas meninggalnya Mirabal bersaudara (Patria, Minerva & Maria Teresa) pada tanggal yang sama tahun 1960 akibat pembunuhan keji yang dilakukan oleh kaki tangan penguasa diktator Republik Dominika pada waktu itu, yaitu Rafael Trujillo. Singkatnya Mirabal bersaudra merupakan aktivis politik yang tak henti memperjuangkan demokrasi dan keadilan, serta menjadi simbol perlawanan terhadap kediktatoran penguasa Republik Dominika pada masa itu. Berkali-kali mereka mendapat tekanan dan penganiayaan dari penguasa dan berakhir dengan pada pembunuhan keji tersebut. Tanggal ini sekaligus menandai ada dan diakuinya kekerasan berbasis jender dan dideklarasikan pertama kalinya sebagai Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan pada tahun 1981 dalam Kongres Perempuan Amerika Latin yang pertama.
  •   1 Desember : Hari AIDS Sedunia. Pertama kali dirancang dalam konferensi Internasional tingkat menteri kesehatan seluruh dunia pada tahun 1988 dalam upaya menggalang dukungan publik serta mengembangkan suatu program yang mencakup kegiatan pencegahan penyebaran HIV/AIDS, dan juga pendidikan dan penyadaran akan isu-isu seputar permasalahan AIDS.
  •   2 Desember :  Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan. Merupakan hari diadopsinya konvensi PBB mengenai Penindasan terhadap Orang-orang yang diperdagangkan dan eksploitasi terhadap orang lain (UN Convention for the Suppression of the Traffic in Persons and the Exploitation of other) dalam resolusi Majelis Umum PBB No 317 (IV) tahun 1949.
  •   3 Desember : Hari Internasional bagi Penyandang Cacat. Merupakan peringatan lahirnya Program Aksi Sedunia bagi Penyandang Cacat (the World Programme of Action Concerning Disabled Persons). Program aksi ini diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1982 untuk meningkatkan pemahaman publik akan isu mengenai penyandang cacat dan juga membangkitkan kesadaran akan manfaat yang dapat diperoleh, baik oleh masyarakat maupun penyandang cacat, dengan mengintegrasikan keberadaan mereka dalam segala aspek kehidupan masyarakat.
  •   5 Desember : Hari Internasional bagi Sukarelawan. Pada tahun 1985 PBB menetapkan tanggal ini sebagai hari internasional bagi sukarelawan dan mengajak organisasi-organisasi dan negara-nrgara di dunia untuk menyelenggarakan aktivitas bersama sebagai wujud rasa terima kasih dan sekaligus penghargaan kepada orang-orang yang telah memberikan kontribusi amat berarti bagi masyarakat dengan cara mengabdikan hidupnya sebagai sukarelawan.
  •   6 Desember : Hari Tidak Ada Toleransi bagi Kekerasan terhadap Perempuan. Pada tahun 1989, pada tanggal tersebut terjadi pembunuhan massal di Universitas Montreal Kanada yang menewaskan 14 mahasiswi dan melukai 13 lainnya (13 diantaranya perempuan) dengan menggunakan senapan semi otomatis kaliber 223. Pelaku melakukan tindakan tersebut karena percaya bahwa kehadiran para mahasiswi itulah yang menyebabkan dirinya tidak diterima di Universitas tersebut. Sebelum pada akhirnya bunuh diri, lelaki itu meninggalkan sepucuk  surat yang berisikan kemarahan amat sangat pada para feminis dan juga daftar 19 perempuan terkemuka yang sangat dibencinya.
  •   10 Desember : Hari HAM Internasional. Hari HAM Internasional bagi organisasi-organisasi di dunia ini merupakan perayaan akan ditetapkannya dokumen bersejarah, yaitu Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of Human Rights) oleh PBB pada tahun 1948 dan sekaligus momen untuk menyebarluaskan prinsip-prinsip HAM yang secara detail terkandung di dalam deklarasi tersebut.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Komisi_Nasional_Anti_Kekerasan_terhadap_Perempuan
Wohhoooo.... bagaimana para readers??? Mengetahui semua hal tersebut tentu saja memiliki kesan masing-masing dihati para readers. Yuk comment bagaimana perasaan para readers semua di kolom comment yaa.. heheh Mimin akan setia menunggu. SEE YOU NEXT TIME!

Comments

Popular posts from this blog

Saweu Sikula

POSTULAT

kuliah umum bersama Prof. Dr. Wasino, M. Hum